Business Model and Scamper of NOKIA

NOKIA merupakan produk telepon seluler yang paling mendunia. Semua orang berlomba menggunakan NOKIA keluaran terbaru. NOKIA menjadi top of mind jika seseorang membahas tentang telepon seluler.

Berikut beberapa fakta menarik tentang NOKIA :

1. Ringtone “Nokia Tune” sebenarnya didasarkan dari seorang gitaris pada abad ke-19 “Gran Vals” oleh musisi Spanyol Francisco T rega. Lagu Nokia awalnya dinamakan “Grande Valse” oleh Nokia, tapi kemudian diubah menjadi “Nokia Tune” pada tahun 1998 ketika lagu itu begitu terkenal dan menjadikannya sebagai ringtone Nokia.

2. Kartu GSM komersial pertama dibuat pada tahun 1991 di Helsinki melalui jaringan suplai Nokia oleh perdana mentri Finlandia Harri Holkeri dengan menggunakan ponsel Nokia.

3. Nokia dulunya merupakan perusahaan pembuat kamera terbesar di dunia, pada setiap penjualan kamera yang dipakai telepon selular melebihi cara biasa yang digunakan oleh pembuat kamera.

4. “Special” dering tersedia bagi pengguna ponsel Nokia ketika menerima SMS(pesan singkat) yang sebenarnya adalah kode morse untuk “SMS”, dering naik untuk tone SMS merupakan kode morse “Connecting People”, slogan Nokia.Dering “Standar” SMS adalah kode morse untuk “M” (message / pesan)

5. Tulisan Nokia Corporate(Typeface) adalah AgfaMonotype Nokia Sans font, yang didisain oleh AgfaMonotype Nokia Sans font. Kebanyakan panduan pemakaian ponsel Nokia menggunakan Agfa Rotis Sans font.

6. Di Asia, angka 4 tidak pernah digunakan pada setiap tipe ponsel Nokia, karena angka 4 tersbut merupakan angka ketidak beruntungan di Asia.

7. Nokia masuk ke dalam jajaran 20 perusahaan yang paling dikagumi di seluruh dunia di daftar Fortune 2006(pertama untuk perusahaan komunikasi, keempat untuk perusahaan non-US)

8. Tidak seperti produk modern yang lain, ponsel Nokia tidak secara otomatis memulai call timer saat dihubungkan, tetapi saat percakapan dimulai(kecuali ponsel seri 60 seperti Nokia 6600).

9. Nokia kadang-kadang dipanggil aikon (Nokia dibaca terbalik) oleh non-pemakai ponsel Nokia dan oleh pengembang mobile software, karena “aikon” dipakai di berbagai bungkus mobile software SDK, termasuk Nokia ’s Symbian S60 SDK.

10. Nama kota Nokia berasal dari dari sungai yang mengalir di kota. Sungai itu sendiri, Nokianvirta, dinamai dari kata lama Finlandia yang berarti cerpelai, cemara pine marten. Spesies binatang pemangsa kecil yang berbulu hitam ini pernah ditemukan di daerah tersebut, tapi sekarang sudah punah.

Berikut link untuk powerpoint NOKIA Business Model and Scaper dari kelompok kami :
(Value preposition)
NOKIA menyampaikan value yang mereka punya kepada customernya. Dengan motto ” Connecting People”, NOKIA mampu memberikan yang customernya butuhkan yaitu kebutuhan akan berkomunikasi,baik itu melalui SMS,Phone atau aplikasi Social Network di dalamnya. Selain itu,fitur2 tambahan seperti internet browser,media player dan information storage yang menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunanya.
(Customer)
NOKIA membagi customernya dalam beberapa segmen berdasarkan region dan economic level. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan segmentasinya. Sedangkan customer relationship,NOKIA memiliki relasi yang timbal balik antara perusahaan dengan customer sehingga terjadi kesinambungan yang dapat membantu meningkatkan performa dari NOKIA.
(Eco System)
Banyak pihak yang terlibat untuk mewujudkan produk unggulan dari NOKIA. Seperti perusahaan pada umumnya, NOKIA juga memiliki berbagai divisi yang dapat menunjang kelangsungan perusahaan mereka seperti Sales and Marketing, Human Resources, Finance dll. Sumber daya seperti teknisi,marketer dan production people juga memegang peranan penting dalam “tubuh” NOKIA. Sedangkan dari sisi eksternal,NOKIA memiliki partner seperti provider seluluer,distibutor and manufacturer.
Pada akhirnya,hubungan antara value preposition dengan customer akan menghasilkan Revenue Flows. Sedangkan dengan Eco system tentu saja akan mengeluarkan Cost Structure.

Mengingat saat ini bermunculan banyak kompetitor baru di dunia telepon seluler seperti Blackberry dengan fiturnya yang sangat attractive,NOKIA dituntut untuk dapat bersaing. Kami pun berusaha menganalisa dan menemukan trik-trik yang dirasa dapat membantu NOKIA untuk bersaing,melalui metode SCAMPER.
Subtitute
  • Conventional hand phone
  • Music player
  • Camera
  • NOKIA MESSENGER
Combine
  • Handphone+camera+musicplayer+social network features
  • Iphone + Blackberry (High resolution display, Nokia Messenger, Apps)
Adapt
  • Stay in lower price, keep costs down
Modify
  • Able to house Symbian OS or Android OS (depend on user’s desire)
  • Software can be upgraded automatically (Blackberry/Mac)
Put to Other Purpose
  • Camera
  • Music player (Huge mp3 storage, high quality speaker)
  • Chat messenger
  • Laptop
Eliminate
  • Rigid Display
  • Complicated interface (music player, home screen)
  • Limitation of OS options
Reverse
  • Network Operator (to support service for Nokia Messenger)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s